Rabu, 11 April 2012

Sinopsis Non Fiksi

Change Your Mind, Change Your Life!
Oleh: EM. Shoelihin
Pikiran merupakan sebuah keunggulan yang dikaruniakan Tuhan kepada setiap manusia. Ia adalah titipan yang harus dipergunakan secara positif, agar ia dapat menjadi kunci untuk membuka kehidupan yang lebih berkualitas. Pikiran yang dikaruniakan Tuhan tersebut bermanfaat dan dapat mencerahkan kehidupan seseorang. Pikiran memiliki kekuatan, layaknya keunggulan yang dimiliki oleh pancaindera lainnya.
Pikiran mampu menggambarkan secara abstrak apa yang dilihat oleh pancaindera. Bahkan pikiran bisa melukiskan apa yang belum diinderai, pikiran yang seperti ini yang biasanya dinamakan sebuah pikiran imajinatif. Pikiran yang imajinatif mampu menstimulan manusia untuk bertindak agung. (Rene Descartes) mengungkapkan “pikiran-pikiran agung mampu melakukan baik kesesatan-kesesatan agung, maupun kebijakan-kebijakan agung”. Maknanya adalah, pikiran imajinatif juga mampu membuat manusia menjadi licik yang bisa ditempuh oleh manusia secara sistematis. Namu dilain sisi pikiran imajinatif juga mampu membuat seorang manusia menjadi eksis dengan cita-cita yang luhur, dan tertanam secara dasariah dalam diri manusia, yakni kesuksesan yang berintikan pada kedamaian, ketenangan, bermanfaat, dan mencerahkan.
Pikiran kita tidak jarang begitu tertutup. Dalam arti sebenarnya, kita tidak mampu membentangkan oikiran kita untuk menangkap peluang dan menjadikan diri kita kreatif. Hal ini disebabkan oleh banyak hal. Namun yang paling dominan, hal ini disebabkan oleh kita tidak mencoba membuka pikiran dan menerima hal-hal baru, yang mungkin bisa memberikan masukan secara positif bagi pikiran kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar